Maitreya Voice | Always be with you
Open
X

Super Show 17 December 2015.

Super Show 17 December 2015

Talkshow Narasumber dr. Satyawira Aryawan Deng
Topik:  Pencegahan dan Pemulihan Penyakit dengan Nutrisi Nabati / Vegan
Pola makan nabati adalah mengkonsumsi makanan yang tidak mengandung unsur hewani seperti sayur-sayuran, kacang-kacangan, buah-buahan, umbi-umbian dan biji-bijian. Pola makan nabati sering juga disebut dengan vegan yaitu vegetarian murni yang tidak mengkonsumsi produk yang mengandung susu dan telur. Ilmu yang mendasari pola makan nabati adalah slengh medicine. Slengh medicine adalah ilmu pengobatan dengan cara mengurangi atau menghindari makanan yang menjadi penyebab dari suatu penyakit. Thomas Alva Edison (1902) mengatakan bahwa dokter masa depan tidak memberikan obat, tapi menganjurkan pasiennya untuk menghindari suatu penyakit dengan melakukan diet. Pola diet seperti apakah yang dapat mengurangi resiko terkena penyakit? Yaitu pola makan nabati yang baik dan benar.
Menurut Journal of the American College of Cardiology (2014), serangan jantung 86% dapat dicegah dengan pola makan nabati, tidak merokok, tidak minum alkohol, dan berolahraga dengan teratur, sedangkan pola makan daging dan merokok memiliki 70% resiko terkena penyakit jantung. Pola makan nabati juga dapat menurunkan hipertensi. Begitupula bagi Anda yang terkena penyakit diabetes dapat disembuhkan dengan pola makan nabati. Mengapa kita yang bervegetarian masih dapat terkena penyakit seperti kanker, jantung dan diabetes? Karena pola makan yang salah, sering mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak dan minyak, seperti telur, susu dan goreng-gorengan. Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk memulai pola makan nabati yang sehat.
Pola makan nabati yang seperti apakah dikatakan sehat?
1. Hindari makanan yang mengandung bahan hewani.
2. Mengurangi makanan tinggi lemak, seperti minyak, pastries, dan gorengan.
3. Perbanyaklah makanan yang mengandung banyak serat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan (minimal 2 sampai 3 macam, warna divariasikan).
4. Makan makanan yang rendah glycemic.
5. Suplemen dengan vitamin B12