Mulut Sang Pengasih

Posted on September 9, 2016 ยท Posted in Bimbingan Kasih, General, Kasih Lestari

Mulut Sang Pengasih (mencurahkan amerta, huan Dharma; mulut tak lagi menjadi sumber bencana); hanya membicara kesalahan diri, tak membicarakan kesalahan orang lain. Mencurahkan hujan Dharma dan ambrosia, menyampaikan bimbingan Kebenaran untuk memberkati umat manusia dan membawakan sukacita semesta


Lebih dari 300 milyar rupiah adalah harga yang sangat mahal untuk satu isu yang tak jelas dan secara logika sulit diterima kebenarannya. Itulah uang yang diperoleh industri turisme di Skotlandia dengan menjual isu monster Loch Ness dari abad ke-15 yang bertempat tinggal di danau sedalam 230meter.

isu tentang orang bisa berharga dari ratusan milyar. Orang yang diisukan menjadi marah sekaligus malu sehingga tidak mau lagi datang ke vihara. Vihara adalah rumah suci Shecun dan Shemu, tetapi gara-gara kita tak menjaga mulut, akhirnya secara tak langsung membuat sesama saudara menolak Shecun-Shemu. Kalau dosa bisa dinominalkan, sangguhkah kita membayar? Tidakkah kita juga telah sekaligus menjatuhkan sembilan tingkat leluhur dan tujuh tingkat keturunan. Berapa orang total yang sudah kita celakakan sekaligus, hanya dengan beberapa ucap kata yang perlu?

Meski umat manusia memiliki akar pembinaan dangkal, bukan tugas kita menguji orang lain, karena kita pun sama dangkalnya. Tugas penting kita adalah di dalam memperbaiki diri, di luar antara lain mengunci mulut dari segala isu dan gosip.