Ketahui 20 Fakta Unik yang Jarang Diketahui tentang Antartika

Posted on March 15, 2016 · Posted in News

Apa yang ada di pikiran para sobat Maitreya ketika mendengar Antartika? Banyak yang akan jawab kutub, penguin, dingin, dan salah satu benua. Padahal benua yang berada di ujung selatan bumi ini punya lebih banyak hal menarik yang tidak semua orang mengetahuinya. Apa saja? Nih maitreyavoice.com membagi informasinya.

Fakta #1

Kamu gak bisa bekerja di Antartika kecuali gigi bungsu dan usus buntumu sudah dibuang. Operasi tidak dilakukan di stasiun di Antartica. Jadi kamu harus sudah membuang gigi bungsu dan usus buntu meskipun mereka sehat-sehat saja.

Fakta #2

Merupakan tempat paling kering di dunia. Faktanya, tempat paling kering di planet ini berlokasi di Antartika dan bernama Dry Valleys.

Fakta #3

Fakta #4

53 juta tahun yang lalu, Antartika sangat hangat hingga pohon palem tumbuh di sepanjang pesisirnya. Temperatur di benua tersebut saat itu berada di atas 20 derajat celcius.

Fakta #5

Metallica pernah manggung di Antartika dalam konser bertajuk “Freeze ‘Em All”.

Fakta #6

Pernah ada stasiun tenaga nuklir di Antartika. Stasiun McMurdo adalah komunitas terbesar di Antartika. Dioperasikan oleh Amerika Serika sejak 1962.

Fakta #7

Antartika memiliki Departemen Pemadam Kebakaran. Ini diperuntukkan untuk stasiun McMurdo yang sudah disebutkan di di atas.

Fakta #8

Terlepas dari suhunya yang ekstrim, terdapat 1150 spesies jamur yang berbeda dan teridentifikasi dapat bertahan di Antartika. Jamur beradaptasi sempurna pada suhu rendah ekstrem dengan siklus berlanjut dan berulang dari membeku dan mencair.

Fakta #9

Antartika secara teknis mengandung semua zona waktu di planet bumi. Semua garis bujur yang kita gunakan untuk memperjelas zona waktu bertemu di kedua kutub.

Fakta #10

Gak ada beruang kutub yang hidup di Antartika. Mereka adanya di Arktik atau Kanada.

Fakta #11

Terdapat bar di Antartika. Ini adalah bar paling selatan di dunia. Terletak di Stasiun Penelitian Vernadsky.

Fakta #12

Suhu terdingin yang pernah tercatat di bumi adalah minus 89.2 derajat celsius. Ini terdaftar pada 21 Juli 1983 di stasiun Vostok Antartika.

Fakta #13

Antartika adalah benua terbesar kelima. Luas areanya adalah 14 juta kilometer kubik.

Fakta #14

Sebesar 99% permukaan Antartika ditutupi es. Glasier yang menutupi benua itu sering disebut sebagai Lembaran Es.

Fakta #15

Ketebalan rata-rata es di Antartika adalah sekitar 1.6 kilometer. Antartika diperkirakan memiliki 70% dari semua air bersih di bumi.

Fakta #16

Pegunungan Transantartik Antartika membagi benua ini menjadi bagian barat dan timur. Memanjang sepanjang 3500 pegunungan, mereka adalah salah satu dari jajaran pegunungan terpanjang di dunia.

Fakta #17

Eksistensi Antartika sangatlah tidak diketahu sampai akhirnya benua ini pertama kali terlihat pada 1820. Orang-orang sebelumnya mengira itu hanyalah sekelompok pulau.

Fakta #18

Penjelajah Norwegia, Roald Amundsen, adalah manusia pertama yang mencapai Kutub Selatan. Dia meninggalkan seorang Penjelajah Inggris, Robert Falcon Scott, di belakang dan tiba di benua ini pada 14 Desember 1911.

Fakta #19

Sesuai dengan negosiasi rahasia, 12 negara menandatanganin Pakta Antartika pada 1959 untuk mendedikasikan benua pada kegiatan penelitian damai. Sekarang, pakta ini sudah ditandatangani oleh 48 negara.

Fakta #20

Pada Januari 1979, Emile Marco Palma menjadi bayi pertama yang lahir di benua paling selatan. Itu adalah aksi terencana Argentina untuk mengklaim bagian dari Antartika. Negara itu mengirim perempuan hamil ke sana dengan tujuan tertentu.

 

Nah itu dia fakta unik tentang Antartika yang perlu Sobat Maitreya ketahui 🙂