Dispenser, Kulkas, & Empat Pengrusak Rasa Kopi Lainnya

Posted on January 8, 2013 ยท Posted in News

KOPI menjadi salah satu minuman yang digemari, selain teh maupun cokelat. Sayangnya, kopi tergolong sensitif karena mudah rusak oleh beberapa sebab.

Guna mendapatkan citarasa kopi yang sebenarnya, ada baiknya hindari beberapa hal berikut, seperti dijelaskan Latief Yulus selaku Pemilik Kedai Kopi Es Tak Kie yang sudah bergelut di bidang kopi sejak 1924:

Kulkas
Menyimpan kopi sebaiknya tidak di kulkas. Kopi merupakan bahan yang sensitif, temperature dingin akan membuatnya cepat rusak alias tidak nikmat diminum meskipun ketika di kulkas, kopi ditaruh di dalam wadah kedap udara. Apalagi, jika kopi yang disimpan baru digiling.

Wewangian
Sifat kopi adalah menyedot aroma di sekitarnya. Sebagai contoh, bila mobil Anda menyimpan bau seafood usai membelinya di pasar, maka kopi bisa mengurangi bau tersebut. Oleh karena itu, jangan sesekali menyimpan kopi berada dekat makanan atau buah-buahan berbau tajam agar aroma kopi tidak hilang.

Dicampur rasa manis
Jika ingin merasakan kenikmatan kopi yang sesungguhnya, ada baiknya tidak mencampurnya dengan gula, susu, atau rasa manis lainnya. Jika ingin mencampurnya dengan rasa manis, terlebih dahulu Anda harus menyeduh kopi dengan air panas kemudian biarkan beberapa saat. Saring kopi dengan saringan kain lalu masukkan ke dalam gelas yang telah diberi rasa manis. Hal yang terjadi bila dicampur langsung saat pembuatan kopi adalah dominasi rasa manis, yang akan menguat ketimbang kopi yang akan dikonsumsi.

Udara
Seusai membuat kopi, maka dengan cepat Anda harus segera menutupnya. Jangan membiarkan kopi dalam keadaan terbuka lebih dari lima hingga sepuluh menit karena udara akan membuat aroma dan rasa kopi terkikis.

Air
Pelajarilah karakteristik air yang Anda gunakan. Beda lingkungan, beda pula karakteristik airnya. Kalau Anda mendapatkan air yang bagus, maka pertahankanlah. Pasalnya, air berfungsi memberikan rasa dan karakter dari kopi yang dibuat.

Dispenser
Air panas dibutuhkan dalam membuat kopi. Sebaiknya, air panas tidak didapat dari dispenser karena sifat panasnya tidak layak dipakai untuk kopi. Selalu gunakan kompor dalam menjerang air panas. Suhu air panas dari dispenser hanya sekira 20 sampai 30 derajat Celsius sedangkan suhu air panas yang dimasak dengan kompor mencapai 94 hingga 96 derajat Celsius, suhu tepat untuk menyeduh kopi. (ftr)