5 Makanan peningkat kekebalan tubuh

Posted on May 18, 2017 ยท Posted in Gaya Hidup Kasih, Kasih Lestari

Sistem daya tahan tubuh atau imunitas memegang peranan penting dalam mencegah penyakit. Karena itu penting untuk memastikan bahwa sistem daya tahan tubuh seseorang berfungsi dengan baik.

Ada beberapa makanan yang dianggap memiliki manfaat dalam meningkatkan kekebalan tubuh, yaitu:

  1. Buah Sitrus
    Buah-buahan sitrus kaya akan vitamin C yang dapat menunjang produksi sel darah putih. Beberapa buah yang masuk dalam kelompok ini adalah jeruk, lemon, dan kiwi.
  2. Brokoli

    Brokoli merupakan salah satu jenis makanan yang kaya vitamin dan mineral. Sayuran yang mengandung vitamin A, C, E, antioksidan, dan serat ini adalah salah satu makanan tersehat. Anda bisa menyajikannya untuk keluarga untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

  3. Jahe

    Jahe dikenal akan kemampuannya untuk membantu meringankan gejala akibat proses peradangan, seperti radang pada tenggorok dan bagian tubuh lainnya. Selain itu, jahe memiliki banyak manfaat lain bagi kesehatan, termasuk mengurangi rasa mual, mengatasi nyeri, serta membantu menurunkan kadar kolesterol.

  4. Bayam

    Bayam tidak hanya kaya akan vitamin C, namun juga mengandung berbagai antioksidan dan beta-karoten, yang meningkatkan kemampuan sistem daya tahan tubuh atau imunitas dalam melawan infeksi.

  5. Teh hijau

    Teh hijau mengandung flavonoid yang merupakan salah satu jenis antioksidan. Minuman ini juga mengandung kadar epigallocatechin gallate (EGCG) yang cukup tinggi, yang bermanfaat dalam menunjang fungsi kekebalan tubuh.