1607274karier1p

10 Keahlian yang Dibutuhkan Dunia Kerja 2013

Posted on July 13, 2013 · Posted in News

KOMPAS.com- Perkembangan dunia kerja bertumbuh seiring dengan industri yang sedang banyak diminati. Tahun ini, dan beberapa tahun yang akan datang dipastikan bidang teknologi dan komputerisasi sedang berada di puncaknya. Namun bukan berarti hanya keahlian di bidang itu saja yang harus dikuasai, ada kemampuan lain yang tak kalah penting.

Menurut Rich Milgram, CEO jaringan kerja Beyond, keahlian teknis dan praktis mengenai komputer bisa saja dipelajari. Yang paling utama dari kemampuan itu adalah memiliki kemampuan berpikir kritis. Kenapa berpikir kritis menjadi penting? Karena ini berkaitan dengan perkembangan dan inovasi yang turut memberi kontribusi pada pertumbuhan perusahaan.

Tak heran kemudian dari 10 keahlian yang dibutuhkan dunia kerja saat ini, nomor satunya adalah berpikir kritis. Diikuti kemudian dengan keahlian lainnya. Apa saja itu, berikut diantaranya:

1. Berpikir kritis. Keahlian satu ini ditentukan bagaimana Anda bisa berpikir logis dan punya alasan dalam setiap identifikasi mengenai kekuatan dan kelemahan suatu masalah. Mencari alternatif penyelesaian masalah, jalan keluar dan pendekatan lainnya.

2. Kemampuan menyelesaikan masalah. Disarankan Anda memiliki kemampuan yang baik dalam mengindentifikasi masalah, bahkan yang kompleks sekalipun. Ini berkaitan dengan bagaimana Anda mengembangkan pengetahuan, kritis dalam evaluasi dan mengimplementasikan penyelesaian dari masalah.

3. Bisa membuat keputusan. Dalam hal ini keahlian yang dibutuhkan adalah mampu mempertimbangkan satu keputusan yang benar-benar masak, baik dan buruknya sehingga menjadi keputusan yang benar-benar tepat.

4. Pendengar aktif. Beri perhatian penuh pada apa yang orang lain sampaikan, untuk kemudian dipahami dan mengerti maksudnya sehingga bisa memberikan pertanyaan yang sesuai tanpa interupsi dan dengan demikian lebih efisien.

5. Komputer dan elektronik. Menjadi nilai tambah jika Anda punya keahlian dalam bidang komputerisasi seperti mengetahui akan prosesor, peralatan elektronik dan perangkat keras komputer termasuk program dan aplikasinya.

6. Matematika. Mengetahui akan hitungan, aritmatik, aljabar, geometri, kalkulus , serta statistik menjadi nilai tambah lainnya.

7. Sistem operasi dan analisis. Mengetahui bagaimana sebuah sistem operasi bekerja dan tahu bagaimana jika alternatifnya diubah dan disesuaikan sesuai dengan faktor yang ada di sekitarnya. Dalam hal ini keahlian memahami lingkungan sekitar, apa yang dibutuhkan di satu bidang menjadi satu hal yang utama.

8. Monitoring. Tidak hanya memonitor bidang yang digeluti tapi juga dalam menilai diri sendiri. Secara individu dan organisasi apakah Anda sudah mampu meningkatkan diri dan membuat koreksi.

9 Programming. Dalam hal ini kemampuan komputerisasi untuk berbagai tujuan dalam memudahkan jenis pekerjaan yang dilakoni.

10. Sales dan marketing. Pengetahuan akan prinsip pemasaran dan promosi sangat dibutuhan. Diantaranya mengetahui strategi pemasaran, demonstrasi produk, teknik penjualan dan sistem kontrol. Ini bisa jadi satu nilai tambah untuk mendukung keahlian yang Anda miliki.

Editor :Wawa